Langsung ke konten utama

AWAM WAJIB TAHU! Pentingnya Pengetahuan Literasi Keuangan & Investasi Sejak Dini

Halo, pertama-tama terima kasih telah berkunjung dan membaca tulisanku ini. Semoga judul & informasi yang akan aku sampaikan ini sesuai ekspektasi kamu ya! Memang terdengar jahat ya kalau menyebut kata awam, karena memang sebagian besar awam tidak pernah menyadari hal ini. Aku berani menebak kalau awamers tidak begitu familiar dengan yang namanya "literasi keuangan" bahkan sejak dahulu sekolah puluhan tahun sekalipun *selain jurusan ekonomi & bisnis*. Jangankan kata-kata itu, bayangkan saja awamers begitu anti dengan yang namanya "investasi". Apa yang mereka lihat dari investasi adalah seperti memberikan seseorang uang lalu membiarkan orang itu pergi dengan uang kamu. Jadi, investasi adalah hal buruk dong? Tidak benar, kenapa? Ya, karena awamers "goblok-goblok" *sorry to say that, biar sadar*. Aku sangat yakin awamers yang baru terpapar investasi, belum pernah terpapar pendidikan finansial terlebih dahulu. Sehingga, awamers yang kaya gini nih yang bisa jadi mangsa para predator dengan kedok "investasi". 

Para predator ini pasti meyakinkan awamers untuk berinvestasi dengan iming-iming "High Return, Low Risk" atau "Untung besar, resiko kecil". "Wow" pikir awamers. Bagi awamers yang belum pernah terpapar literasi keuangan sebelumnya, hal ini mungkin kesempatan sekali seumur hidup. Sehingga awamers yang lugu-lugu giblik akan masuk & terjun dengan barang bawaan yang banyak kepada predator "investasi" ini. Jika aku melihat dari sisi sosial & budaya, predator-predator ini mulai merambah kepada komunitas orang-orang yang ada di daerah terutama kawasan perdesaan. Buktinya, banyak sekali "investasi bodong" yang aku temui ketika melihat sosial media mereka, bahkan terpampang jelas banner di depan rumah mereka mengenai bisnis "investasi bodong" yang sedang mereka jalankan. Ingin rasanya aku memberi tahu mereka, tapi aku yakin pendidikan sang predator sudah mendarah daging dalam jiwa korbannya. Alih-alih kaya, mereka sudah pasti menggelontorkan banyak dana untuk sang predator yang menjanjikan untung besar dengan resiko rendah. Betapa bodohnya!

Jadi, apa yang bisa kita dapatkan dari pembelajaran ini? Tentu saja, sangat penting untuk mengetahui literasi keuangan terlebih dahulu sebelum mengenal yang namanya investasi. Aku sendiri akan berbagi pengalamanku semenjak aku belum terpapar dengan yang namanya literasi keuangan. Kita mulai dari semenjak aku kecil, ketika itu semua terasa indah karena aku kerjaannya hanya main bersama kawan sebaya. Singkat cerita, selama 16 tahun bersekolah bahkan 12 tahun aku bersekolah di sekolah negeri sekali pun tidak pernah tuh dapat guru yang mengajarkan pendidikan finansial sejak dini. Hingga aku lulus 4 tahun dijenjang pendidikan perkuliahan juga sama sekali tidak terpapar yang namanya literasi keuangan. 

Hingga pada akhirnya, beberapa bulan setelah aku lulus pas ketika pandemi Covid-19 ini merebak. Ternyata setiap krisis ada hikmah yang bisa kita ambil ya! Bagaimana tidak? Karena pandemi yang mengharuskan kita untuk tetap di rumah, aku jadi punya banyak waktu untuk belajar bahkan menulis ini untuk para pembaca. Di awali ketika aku sedang santai & berselancar di internet lebih tepatnya di media sosial Instagram waktu itu. Aku menemukan sebuah akun yang bagus secara tidak sengaja. Nama akun itu "@investortapalkuda". Apa yang aku pelajari dari sana adalah sesuatu hal yang aku sama sekali belum tahu. Bayangkan saja, sebelum aku mengenal yang namanya literasi keuangan, aku sangat berperilaku konsumtif. Namun, semua berbeda ketika aku terpapar literasi keuangan dari akun Instagram "@investortapalkuda" yang aku temukan secara tidak sengaja.

Gambar 1. Akun @investortapalkuda

Entah, siapa yang membuat akun ini, aku patut berterima kasih karenanya aku jadi mengenal yang namanya literasi keuangan yang selama ini tidak pernah aku dapatkan dari manapun. Jadi, apa saja hal penting yang aku pelajari disana adalah sesuatu yang mindblowing. Akun yang bagus kenapa tidak ada yang mengikuti ya pikirku, padahal setelah aku baca highlight 1-11 sesuai instruksi yang ada di akun tersebut, aku jadi belajar & paham mengenai literasi keuangan. Malu sendiri saya, bagaimana tidak awamers lebih memilih untuk mengikuti akun-akun media sosial yang tidak bermutu daripada akun media sosial seperti ini. Menurutku pribadi, akun ini patut di berikan penghargaan karena meskipun tidak seterkenal itu, namun konten yang di sediakan mengenai literasi keuangan berkualitas top.

Kembali lagi mengenai apa saja hal-hal yang aku pelajari disana? Setelah aku baca highlight nomor 1 s/d 11, perubahan yang aku rasakan adalah perilaku konsumtifku perlahan-lahan mengalami perubahan dari yang sebelumnya sangat konsumtif namun sekarang tidak lagi. Namun, hal yang membuat mindblowing adalah pada fase ketika akun @investortapalkuda membahas mengenai investasi. Seperti contohnya, hal-hal yang perlu di perhatikan dalam berinvestasi dan pantangan-pantangannya, apa benar investasi selalu menghasilkan untung, dan mengenai pasar modal. Ternyata investasi di Indonesia yang benar adalah di pasar modal bro! Bukannya ngikut-ngikut predator-predator "investasi bodong". Dari akun itu aku belajar, tidak ada tuh yang namanya investasi "High return, low risk", namun yang benar adalah "High return, high risk" atau "untung besar, resiko besar". 

Selain berbicara mengenai investasi secara umum hingga penjelasan setiap lembaga negara yang bertugas mengatur dan melindungi investor, akun @investortapalkuda juga membagikan informasi mengenai saham & bagaimana cara bertransaksi di saham. Wow, ini adalah ilmu baru yang aku dapatkan, karena aku sendiri yang dahulu dapat di sebut sebagai "awamers" di dunia persahaman, mendengar kata saham saja sudah anti karena ya gara-gara awamers seperti kalian yang mengecap saham itu saham & judi. Itu hal yang tidak aku suka dari awamers, karena mereka tidak melihat lebih detail mengenai sesuatu dan langsung main cap-mengecap aja pada sesuatu yang belum tentu benar. 

Oleh karena itu, buat awamers yang membaca tulisan ini aku mohon maaf ya karena sudah keras kepada kalian. Namun, hal itu bukannya malah menyadarkan kamu mengenai sesuatu? Atau malah emosi & tutup tab blog ini? Jika masih membuka & membaca sampai baris ini, aku mengajak untuk melek finansial. Awamers bisa mulai dari akun @investortapalkuda di Instagram ini untuk mengenal yang namanya literasi keuangan. Aku jamin kalian bisa dapatkan ilmu & pengetahuan yang tidak akan pernah kalian dapatkan di sekolah manapun. Selain itu, kalian bisa berubah dari yang sebelumnya di sebut "awamers" menjadi seorang "investor". Yuk, mari sama-sama majukan finansial diri kita sendiri aja dulu, lalu ekonomi negara akan semakin maju mengikuti perkembangan para investor.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bantuan Cek Fisik Untuk Plat Nomor Luar Daerah di Bandung

Halo, pada postingan kali ini aku bakal berbagi pengalamanku saat mengganti plat nomor motorku yang notabene plat luar daerah Bandung. Karena plat nomor motorku ini sudah berlaku sejak 2013, maka tahun 2018 kemarin plat nomor motorku bakalan habis masa berlakunya. Sehingga karena motorku termasuk plat luar daerah Bandung, maka mau tidak mau aku harus bawa pulang motorku untuk cek fisik di kota asal atau aku bisa mencari informasi mengenai cara untuk melakukan ganti plat nomor baru di Bandung. Sebenarnya sih, tidak mengganti plat nomor baru tepat di Bandung ya, tapi lebih ke bantuan untuk cek fisik agar tidak susah-susah bawa motor bolak-balik. Sehingga cuma berkas persyaratannya aja yang perlu kita bawa pulang untuk di proses ke samsat kota asal. Cek Fisik di Bandung Apakah bisa cek fisik bantuan di samsat Bandung untuk buat plat nomor baru daerah luar Bandung? Tentu bisa, berdasarkan pengalamanku baca-baca postingan beberapa blogger sudah cukup banyak yang menceritakan pengalam

Port Game Honor of Kings Terbaru Mikrotik Routing Trafik Game

T erkadang kita perlu untuk melakukan optimasi jaringan internet di sebuah rumah maupun kantor, untuk sejenak melepas penat, bermain game menjadi salah satu opsi paling masuk akal untuk dilakukan disaat sedang capek setelah beraktivitas seharian. Salah satu game yang saat ini sedang naik daun adalah Honor of Kings, sebuah game moba sejenis Mobile Legends. Tak pelak, untuk melancarkan koneksi saat bermain game, kita perlu melakukan troubleshooting terhadap jaringan kita dirumah.  Salah satu opsi untuk memaksimalkan koneksi adalah dengan melakukan routing trafik game melalui perangkat jaringan seperti Mikrotik. Untuk melakukan routing, kita perlu tau port game yang sedang dipakai oleh game tersebut. Port ini berfungsi sebagai gerbang komunikasi antara pemain game a.k.a gamers dengan server game itu sendiri. Tanpa port ini, kita tidak dapat melakukan optimasi routing game yang sedang kita mainkan. Honor of Kings Port Routing Berikut adalah port game terbaru game Honor of Kings, kunjungi l

Mengurus SKCK Kota Probolinggo

Kali ini aku akan membagikan pengalamanku dalam mengurus surat SKCK di Kota Probolinggo, Jawa Timur. Dimulai pada hari Selasa, 04 Agustus 2020 aku berencana pergi ke kantor Polres kota Probolinggo untuk mengurus SKCK perihal syarat lamaran kerja. Perlu pembaca ketahui, bahwa pengurusan berkas ini terbilang cukup mudah. Kalian hanya perlu menyiapkan beberapa berkas berikut untuk mendapatkan SKCK.   Gambar 1.  Syarat pengurusan SKCK Bersyukurlah kalian para pembaca, karena untuk mendapatkan informasi ini saya harus balik 2x sehingga harus bayar parkir 2x pula. Kalian free, jadi sepatut Gambar 1b.   Syarat pengurusan SKCK (Update 2022) nya untuk lebih bersyukur terhadap waktu & tenaga. Saya juga cukup menyayangkan, bagaimana tidak di era zaman digital seperti ini untuk mendapatkan informasi persyaratan berkas apapun di lembaga instansi daerah terutama masih saja di pajang di depan ruang pelayanan, bukannya di pajang di akun media sosial masing-masing instansi di daerah. Walau